Registration for Master Class Program Series XIX is now open and limited for 60 seats only! For reservation, please contact Ms. Diah : 0882 1406 7803 or Ms. May : 0822 1173 2341. >> LSPMR is moving to Pakuwon Tower Kota Casablanca Soon!! CRGP (Level 4) - Sertifikasi Nasional (ATKRT - KKNI VIII) - Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Risiko

CERTIFIED RISK GOVERNANCE PROFESSIONAL (CRGP)

TUJUAN & PRASYARAT

Program sertifikasi ini adalah pengakuan kompetensi seseorang untuk memadukan prinsip-prinsip, kerangka kerja dan proses Manajemen Risiko dengan prinsip-prinsip, struktur, dan proses corporate governance dalam suatu organisasi; dan menciptakan sinergi dari kedua proses yang bertautan tersebut sehingga hasil yang diperoleh akan optimal bagi organisasi.

Sertifikasi ini dirancang bagi para profesional dengan jabatan atau peran di tingkat organ organisasi yang bersifat stratejik misal untuk korporasi adalah manajer senior, anggota direksi, dewan komisaris, anggota komite-komite dewan komisaris; dan untuk organisasi nirlaba adalah anggota pengurus dan dewan pengawas.

SYARAT MENGIKUTI UJI KOMPETENSI

  1. Peserta Uji Kompetensi Sertifikasi wajib mengikuti seluruh modul Pelatihan persiapan Uji Kompetensi Sertifikasi selama 20 jam. Bila ada peserta yang tidak mengikuti salah satu modul Pelatihan maka peserta dinyatakan tidak dapat mengikuti Uji Kompetensi Sertifikasi sebelum peserta mengikuti modul Pelatihan tersebut pada Batch Pelatihan persiapan Uji Kompetensi Sertifikasi ATKRT/CRGP selanjutnya.
  2. Berpendidikan minimal D3 (Diploma Tiga), dibuktikan dengan memberikan Foto Copy Ijazah (Soft copy).
  3. Berpengalaman Kerja Umum minimal 20 tahun atau minimal 15 tahun untuk pendidikan minimal Sarjana (S1/D4)dibuktikan dengan memberikan Curiculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup (Soft copy). 
  4. Berpengalaman Kerja Khusus minimal 5 tahun pada tingkat pimpinan/Senior Management (minimum 1 layer dibawah Direksi) atau 3 tahun untuk pendidikan minimal Sarjana (S1/D4)dibuktikan dengan memberikan Surat Keterangan Kerja/Surat Pengangkatan Jabatan (Soft copy).
  5. Apabila calon peserta tidak memenuhi persyaratan pada poin 3 dan 4 diatas, maka wajib mengikuti Sertifikasi Ahli Manajemen Risiko Organisasi Terintegrasi (AMROT) dan dengan posisi jabatan minimum sebagai Manager/Kadiv. Dibuktikan dengan soft copy Sertifikat AMROT.
  6. Selain Dokumen Persyaratan tersebut, Peserta juga wajib memberikan dokumen tambahan sebagai verifikasi data BNSP, berupa :
  • a.   Soft copy KTP, atau Pasport (khusus WNA).
  • b. Soft copy Pas Foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar (latar belakang merah).

MANFAAT BAGI PESERTA

  1. Pemahaman akan keterkaitan corporate governance dan Manajemen Risiko secara konseptual dan praktiknya dan bagaimana menerapkannya secara efektif sehingga menjadi perwujudan akuntabilitas yang memadai bagi organ-organ perusahaan di tingkat direksi, dewan komisaris, komite-komite dewan komisaris, dan perwakilan pemegang saham
  2. Pemahaman tentang dasar-dasar Manajemen Risiko hukum dari kacamata organ-organ perusahaan di tingkat direksi, dewan komisaris, komite-komite dewan komisaris, dan perwakilan pemegang saham.
  3. Pemahaman tentang beberapa kerangka kerja ‘enterprise risk management’ yang dikenal secara luas (misal COSO dan ISO 31000) dari sudut pandang pemegang kendali atau pengambil keputusan di tingkat direksi, dewan komisaris, komite-komite dewan komisaris, dan perwakilan pemegang saham.
  4. Memperoleh pengalaman simulasi tentang bagaimana melaknaakan peran mereka di atas sehingga proses manajemen risiko di Perusahaan atau Organisasi mereka dapat dilaksanakan secara efektif dan dengan pendekatan yang seefisien mungkin.

KUALIFIKASI CRGP DAN PENGEMBANGAN BERKELANJUTAN

Setelah melewati uji kompetensi dengan hasil yang memuaskan, peserta akan memperoleh kualifikasi sebagai CRGP (Certified Risk Governance Professional) dan perlu mempertahankannya melalui pengembangan diri secara berkesinambungan ( Continuing Profesional Education), yang dapat ditempuh melalui dua jalur utama dibawah ini :

  • Mengikuti kelas pendidikan tingkat lanjut atau Master Class yang setara dengan 10 PDUs (Professional Development Unit) per tahun, dan atau
  • Membuat karya tulis minimum 10.000 kata yang merupakan ringkasan karya nyata pemegang sertifikasi dalam mempraktikan ‘Enterprise Risk Governance’ di tempat kerja mereka, yang setara dengan 10 PDUs (Professional Development Unit) pertahun.