No comments yet

Profesi Manajemen Risiko dan Tujuan Organisasi

Agar tujuan korporasi dapat dicapai secara efektif, harus diyakinkan bahwa setiap kegiatan  korporasi dari tingkat strategik hingga operasional dilakukan secara profesional lancar, efisien dan efektif.   Manajemen Risiko akan  membantu terwujudnya pengelolaan korporasi yang mampu melakukan antisipasi dan siap terhadap dampak dari peristiwa-peristiwa yang menimbulkan ketidakpastian dalam pencapaian tujuan Korporasi.  Ketiadaan proses Manajemen Risiko akan membuat Korporasi rapuh terhadap dinamika dan ketidakpastian yang dihadapi oleh Korporasi tersebut.  Oleh karena itu, manajemen Korporasi wajib  menerapkan  manajemen risiko , agar diperoleh keyakinan bahwa tujuan yang telah ditetapkan bagi Korporasi akan dapat dicapai.

Bagi suatu Korporasi, adanya kegiatan Manajemen Risiko akan menyediakan suatu tingkatan assurance yang wajar dalam memastikan terealisasinya tujuan Korporasi.  Oleh karena itu Manajemen suatu Korporasi wajib menerapkan manajemen risiko dalam menjaga kesinambungan usaha mereka dengan memastikan kecukupan kerangka kerja manajemen risiko, infrastruktur manajemen risiko dan yang terpenting adanya kecukupan tenaga profesional di bidang manajemen risiko baik secara qualitas maupun kuantitas.  Untuk itu diperlukan suatu standarisasi kompetensi profesi manajemen risiko non-Perbankan agar para profesional didalam bidang manajemen risiko yang bekerja diberbagai sektor industri dan Korporasi memiliki drajat kecakapan dan kemahiran manajemen risiko yang cukup dan terukur, sehingga mampu memberikan kontribusi terbaik bagi Korporasi tersebut dalam mencapai tujuannya.   Dalam penugasannya, profesi Manajemen Risiko harus meyakinkan terdapatnya aktivitas manajemen  yang dapat memberikan keyakinan yang wajar bahwa tujuan Korporasi akan dapat dicapai sehingga nilai Korporasi secara keseluruhan bertambah.

Tujuan Korporasi akan sangat bervariasi, tergantung dari idealisme yang ingin dicapai oleh para pendirinya dengan sejumlah sumber daya yang diserahkan kepada Korporasi sebagai entitas mandiri. Pada prinsipnya tujuan korporasi adalah untuk memaksimumkan nilai korporasi yang tercermin pada tiga komponen utama yaitu : Tingkat pengembalian, pertumbuhan dan Acceptable risk.

Profesi Manajemen Risiko  melaksanakan banyak peran. Tujuan dari profesi Manajemen Risiko adalah memberikan reasonable guarantee pada suatu Korporasi untuk meningkatkan probabilitas  pencapaian tujuan korporasi

Post a comment