No comments yet

LSPMR – School of ISO 31000 Risk Management Standard

Konferensi Nasional Profesional Manajemen Risiko IV tahun 2016 mengangkat tema “Creating Sustainabilility Through Enterprise Risk Management” telah sukses diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Risiko (LSPMR) pada tanggal 23 – 25 November 2016 yang lalu di Sheraton Hotel Senggigi, Lombok. Agenda rutin tahunan para praktisi manajemen risiko di Indonesia ini digunakan menjadi momentum bagi LSPMR untuk me-launching program terbarunya yaitu School Of  ISO 31000.

LSPMR merupakan Lembaga Sertifikasi Kompetensi bidang Manajemen Risiko yang telah terakreditasi/terlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi R.I. (BNSP) sejak tahun 2013, serta satu-satunya Risk Management Certification  Body di Indonesia yang telah  telah menerapkan sistim mutu sertifikasi berbasis ISO 17024 (KAN-BSN) dalam penilaian kesesuaian dan sekaligus telah mendapatkan Certified ISO 9001 (quality assurance) oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN-BSN) merasa perlu untuk mengembangkan pendidikan berkelanjutan bidang manajemen risiko dalam bentuk pelatihan dan sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kompetensi para profesional manajemen risiko.

Keseriusan LSPMR dalam menjawab kebutuhan perkembangan dunia praktisi manajemen risiko  adalah dengan menghadirkan Kevin Wiliam Knight selaku Chairman of ISO/ TC 262 Risk Management Standard langsung dari Australia untuk menjadi pembicara dalam launching program School Of ISO 31000.

Konferensi yang dihadiri oleh lebih dari 100 organisasi dan korporasi dari berbagai sektor, baik sektor publik,  BUMN maupun Swasta kali ini pun menjadi lebih menarik dengan topik yang dibawakan oleh Kevin W Knight “ Why ISO 31000 is simple and easy to implement and it works” karena hingga saat ini para praktisi manajemen risiko baik dari perusahaan BUMN, Swasta maupun institusi Publik, masih mencari metodologi apa yang paling tepat dan sesuai untuk di implementasikan pada perusahaan tempat mereka bekerja.

Kevin W Knight menjelaskan bahwa praktek manajemen risiko ISO 31000 telah dikembangkan dari waktu ke waktu dan dalam berbagai sektor untuk memenuhi kebutuhan yang beragam, penerapan proses yang konsisten dalam kerangka kerja yang komprehensif membantu memastikan risiko yang dikelola secara efektif, efisien dan koheren di seluruh organisasi. Pendekatan generik yang diuraikan dalam standar ini memberikan prinsip-prinsip dan pedoman untuk mengelola segala bentuk risiko secara sistematis.

School Of ISO 31000 juga menjadi pathway bagi para pemegang Certified Risk Management Officer (CRMO) dan Certified Risk Management Professional (CRMP) untuk mengikuti sertifikasi Internasional ISO 31000 Australia.

Rancangan Silabus dan modul dirancang oleh tenaga ahli internasional pada bidang ISO 31000 Risk Management Standard, dan LSPMR School of ISO 31000 juga menggandeng pengajar-pengajar expatriate dengan pengalaman menjadi konsultan dan trainer manajemen risiko lebih dari 30 tahun.

Silabus atau materi yang masuk kedalam School Of ISO 31000 adalah spesialisasi materi lanjutan dari sertifikasi CRMO dan CRMP LSPMR .

Informasi dan Pendaftaran School Of ISO 31000 sudah dibuka sejak peresmiannya dengan menghubungi sekretariat LSPMR  pada noomor telepon  021-2525242,   atau email info@lspmr.org.

“Dengan adanya program LSPMR School of ISO 31000 diharapkan dapat menjawab kebutuhan para praktisi manajemen risiko dalam pengimplementasiannya dilapangan dan mendapatkan  Value of Implementation “ dari ISO 31000 Risk Management Standard

Post a comment